Jumat, 12 April 2013

Obrolan Santai dengan Resa :)


Diantara anak-anak silat, gue punya kembaran. Secara fisik kita sama, sama-sama perempuan, sama-sama tinggi besar, seumuran. Abis gitu, kita seringkali berada dalam kelas yang sama dalam pertandingan. Berat badan kita kan sama tuh ya, deketan lah, jadi kalo ada pertandingan fight, harus ada yang ngalah naikin atau nurunin berat badan biar ga bentrok. Misal, berat badan gue 58 kg dan Resa 57 kg, kan sama-sama kelas C putri tuh ya, berarti gue harus naikin berat badan sampai lebih dari 60 kg biar masuk kelas D putri. Resa juga harus mempertahankan beratnya biar ga naik, ckckck. Kepribadian kami pun hampir sama, sama-sama lemah lembut so’ unyu gituu, hahaha. Yaa agak beda lah sama anak silat kebanyakan yang tomboy, berani, gagah, tajam, mantap, keren, berwibawa. Intinya aku dan kembaran gue ini seperti remaja putri pada umumnya. Namun karena kami hidup di lingkungan persilatan, kami jadi yang paling unyuu diantara yang lain, hehehe.
Resania Noor Swarga Dewi. Itulah nama kembaran gue. Kembaran kok namanya jauh beda ya? Hehe. Ah Nakula-Sadewa juga kembar tapi namanya ga mirip-mirip amat. Nama kembaranku itu Sanskerta banget ya, sejenis Nakula-Sadewa jadinya, hehe. Aku ga tau arti pasti namanya. Tapi kira-kira artinya itu: bunga resania, sang cahaya dewi surga. Bener gak sih? Ngarang banget guee, hehe. Ada ngga sih bunga yang namanya resania? Hahaha. Gue asa pernah denger bunga resania, jadi kira-kira begitulah arti namanya menurut versi gue, wkwkwkw.
Kami sama-sama kuliah di universitas yang sama. Beda jurusan. Beda fakultas. Beda angkatan. Dia anak Pend. Kimia 2010, adik angkatan alias junior gue. Tapi seumuran, dia lahir November 1992, gue lahir Mei 1992, lebih tua gue sih, hehe. Dia nganggap gue temen aja, ga pernah manggil gue pake embel-embel Teh ato Ka, apalagi Kang. Gue seneng gitu kok. Gue seneng dipanggil nama aja kalo sama yang masih seumuran. Gue kurang seneng dipanggil Teh ato Ka ama yang seumuran apalagi kalo kenyataannya mereka lebih tua dari gue.
Hari itu gue nganter kembaran gue yang satu ini ke tempat ngajar bimbel di Lembang. Ini pertama kalinya dia kesana, karena belum tau tempat dan takut kesasar, dia ngajak gue juga kesana. Berhubung gue ga da acara, terus udah lama juga ga jalan ama dia, ya okee gue ikut juga kesana walaupun gue ga da jadwal ngajar. Pas nyampe sananya mah, akhirnya gue ngajar juga, kata Bu Retno (pemilik bimbel), biar ada kerjaan, hehe. Kebagian ngajar Putra hari ini, anak kelas I yang pinter dan penurut, lucu pula J Sementara kembaran gue kebagian ngajar kelas X SMA.
Kami mengajar pukul 14.00 sampai dengan pukul 15.30. Padahal, si Resa kembaran gue itu ada Tutorial SPAI (Seminar Pendidikan Agama Islam) jam 15.30 di Mesjid Al-Furqon. Anak-anak tingkat III sekarang ini ngontrak matkul SPAI, jadi harus ikut Tutorial seminggu sekali, kalo gue sih udah taun kemaren, hehe. Rada was-was juga gue, kan lama perjalanan Lembang-Ledeng itu kalo naik angkot kira-kira 30 menit, berarti Resa bakal telat setengah jam, mana buat bolos Tutorial tuh ada jatahnya maksimal berapa kali gitu. Resa bilang, dia udah nitip absen ke temennya, biar ikut dicap sama panitia. Tapi kadang, panitia itu ada yang suka tegas juga, pas masuk disuruh antri satu-satu, jadi satu orang bawa satu kartu absen, biar ketauan yang titip-titipan absen.
Ketika kami selesai mengajar dan naik angkot sekitar pukul 15.30 lebih, Resa terlihat santai. Kalo gue jadi dia sih, gue was-was. Gue berkali-kali nanyain gimana tuh nasib absen. Dia bilang kalo misalnya bisa dicap, dia ga kan ke Al-Furqon, tapi kalo panitianya tegas, dia bakal langsung cuss kesana. Selama di perjalanan, dia sms-an sama temannya. Gue juga pantau terus perkembangan informasi dari temannya. Maklum lah, namanya juga kembaran, gue ikut khawatir kalo ada apa-apa sama kembaran gue, apalagi nyangkut kuliah. Sampe pas di tengah perjalanan, sms temannya berbunyi: “Udah mau ditutup Sah, buruan kesini.” Padahal waktu pada saat itu menunjukkan pukul 16.00 kurang sedikit. Dulu juga pas masih zaman SPAI, gue berangkat dari kosan pukul 16.00 lebih dikit, itu pun paling rajin. Temen-temen gue dulu paraaah, berangkat jam 16.30, hahahaha.
Gue jadi ga enak, tapi kembaran gue mah terlihat santai aja. Pada saat itu, kita hampir sampai Ledeng, turun hujan deras. Gue coba nenangin kembaran (padahal mah nenangin diri sendiri), dengan berkata,
“Bilang ke temennya bujuk panitia gitu biar jangan dulu ditutup. Keburu kok, bentar lagi sampai, ini udah daerah Rumah Sosis.”
Dan sekejap, kembaran gue berkata,
“Ah udah ah, ga kan kesana. Ke Rumah Sosis aja yuk?”
Hah?! Rada gila ni anak. Gue ga ngerti, dia tu lagi bercanda saking stresnya, apa emang serius. Tapi, berhubung pas banget kita lagi melintas depan Rumah Sosis, dan dia berkali-kali ngomong kalimat di atas dengan ga sambil ketawa, akhirnya gue cuma bisa bilang: KIRIIIIII....
Hujan deras. Pulang ngajar. Bolos Tutorial. Rumah Sosis.
Hahahahah. Parah banget lah kembaran gue yang satu ini. Dia bawa payung. Gue cuma bisa ketawa ketika kita jalan menuju Rumah Sosis berdua, di bawah satu payung, di tengah derasnya hujan. Aduuh mana tiba-tiba aja kita kesini, ga da persiapan, terutamanya uang, hehehe. Buat gue sih ga masalah kemana aja. Lah buat dia, udah bolos Tutorial, malah ke tempat ga jelas pula.
Dia bilang, dia ga pernah kesini, jadi mumpung lewat, pengin mampir dulu kesini. Sama, gue juga hampir 4 tahun belum pernah kesini, padahal sering banget lewat, hehehe. Yaudahlah, kapan lagi jalan ama kembaran parah kaya gini, hehehe. Akhirnya, kami sampai di tempat makan, memesan makanan, dan duduk. Rada katro juga sih. Kita langsung pesen aja ke counter makanannya sebelum duduk. Padahal ternyata, rumah makan ini kaya rumah makan pada umumnya, duduk dulu, terus ntar dikasih daftar menu, baru pesen deh.
Kita duduk ditemani sosis bakar pesenan dia, lumpia keju pesenan gue, dan dua botol teh dingin di bangunan mirip rumah kuno bangsawan Jawa yang terbuat dari kayu plus lampu-lampu merah mirip lampion Cina. Di luar hujan deras. Kapan lagi sih nikmatin saat-saat romantis bersama kembaran? Hehehe. Obrolan kita sore itu dimulai dengan mengomentari keadaan kita yang parah banget. Bolos Tutorial dan malah turun di Rumah Sosis, hahaha. Lanjut dengan kehidupan sehari-hari kita. Kesibukan dia, kesibukan gue, kesenengan dia, kesenengan gue, keluarga dia, keluarga gue. Dan yang paling ditunggu-tunggu: cowo dia, cowo gue, hahaha. Dia mah jelas punya cowo, lah gue? Hahaha. Kalo udah ngomongin cowo, biasanya langsung nyambung ke anak-anak silat. Abis, banyak cerita percinlokan sih di antara kita-kita, wkwkwk. Nah, ini yang paling seru. Gue nanya apa dia deket ama si X, soalnya dia emang keliatan deket banget ama X. Dia bilang lumayan deket sih sama X, tapi cuma sebatas teman aja, hehehe.
Ga kerasa waktu udah nunjukkin pukul 18.00, langit yang tadinya mendung udah berubah jadi gelap, adzan Magrib pun tela berkumandang. Ga kerasa banget. Dan ketika kita nengok ke sekeliling, bangku-bangku kosong. Artinya, yang dari tadi heboh, cekikikan, ketawa-ketawa, cuma kita berdua, si duo maut, hahaha. Kita pun mulai meninggalkan tempat dan naik lagi angkot untuk menuju kosan masing-masing. Di angkot pun, kita masih heboh berdua, karena obrolan yang tadi belum rampung dan ga enak kalo belum dituntasin, hehe. Dasar ibu-ibu rempong! Ketika angkot berhenti sejenak di Terminal Ledeng, gue turun. Dia turun belakangan karena dia ngekos di Gerlong. Kita berpisah disini. Padahal nih obrolah belum rampung juga, hehehe.
Gue pulang dengan rasa bahagia. Bahagia karena bisa bersama dengan kembaran walau hanya beberapa jam. Bahagia bisa sharing dengan orang yang sudah lama tidak berjumpa dan tidak berkomunikasi dengannya. Banyak perbedaan, antara gue dan dia. Gue, mahasiswa semester akhir yang harus fokus akan skripsi dan gampang merasa jenuh. Dan dia, mahasiswa yang lagi semangat-semangatnya kuliah dan punya banyak impian untuk diwujudkan sebelum lulus. Pokoknya gue jadi termotivasi atas obrolan-obrolan tadi, terinspirasi juga oleh dia. Yang pasti, walaupun hari ini kita melakukan kesalahan (bolos Tutorial), tapi kita juga melakukan hal yang bermanfaat, yaitu sharing dan berdiskusi yang membuat kita termotivasi, insya Allah....
 Alhamdulillah, hari ini gue bahagia dan siap untuk melangkah lebih baik esok! Terimakasih ya Resa, selamat beristirahat J    
salah satu foto gue ama kembaran gue yang diambil ketika kita nongkrong depan PKM 

2 komentar:

  1. haluka kanata bil ang, lud ju... ini lud ju
    ayo updeting lagi mba hana




    kuningan ya jaya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mas andrea, maaf itu kalimat yg awal kurang dimengerti, hehe.

      Hapus