Jumat, 19 April 2013

Masukan untuk Program Latihan Profesi Prodi PGSD 2014


1.     Bagi UPT PLP
a.      Koordinasi antara UPT – PLP UPI dengan pihak sekolah perlu ditingkatkan demi terciptanya hubungan kerjasama yang baik antara kedua belah pihak.
b.     Hendaknya dilakukan pengawasan secara berkelanjutan selama praktikan melakukan praktik program lapangan ini.
c.      Perlu adanya peningkatan kedisiplinan dan profesionalisme bagi para dosen tetap PLP agar selalu memberikan arahan dan bimbingan yang baik bagi para praktikan.
d.     Sejak angkatan pertama PGSD jenjang S1, penempatan PLP selalu di Lembang. Perlu ada inovasi berkenaan dengan penempatan, seperti penempatan PLP di luar daerah. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa mempersiapkan diri apabila ditempatkan di daerah terpencil setelah lulus nanti. Selain itu, mahasiswa yang berminat untuk mengikuti program SM3T juga dapat berlatih hidup di daerah tertinggal.
2.     Bagi Sekolah
a.      Perlu adanya peningkatan kedisiplinan bagi para pendidik dan staf sekolah agar menjalankan kewajiban masing-masing dengan penuh rasa tanggung jawab.
b.     Perlu adanya konsistensi dalam menentukan jadwal, baik jadwal sekolah maupun jadwal kegiatan ekstrakurikuler.
c.      Perlu adanya penyampaian informasi yang jelas di antara semua pihak, seperti melalui pengumuman di muka umum, karena terkadang terdapat beberapa peserta didik yang tidak mengetahui jadwal sekolah.
d.     Perlu adanya bimbingan khusus bagi peserta didik di kelas tinggi yang belum dapat membaca ataupun memiliki kemampuan rendah.
3.     Bagi Praktikan yang akan Datang
a.      Praktikan perlu memiliki persiapan yang matang menjelang kegiatan PLP, baik persiapan fisik maupun mental.
b.     Praktikan harus dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi sekolah.
c.      Praktikan harus dapat mengelola stabilitas emosinya dengan baik agar selalu dapat mengikuti rangkaian PLP dengan penuh semangat.
d.     Praktikan hendaknya selalu menambah wawasan keilmuannya.
e.      Praktikan hendaknya memiliki rasa peka terhadap masalah-masalah yang terdapat di sekolah, baik mengenai kondisi peserta didik maupun mengenai manajemen sekolah.
f.      Praktikan harus selalu menjaga kekompakan di antara sesama praktikan pada khususnya dan staf pendidik pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar