Kamis, 25 Juli 2013

Selamat Malam (Vina Panduwinata)

malam ini
sunyi sepi
kau terlena
dalam mimpi

kau tersenyum
kedamaian
menikmati
cinta kita

malam ini
sunyi sepi
bermimpilah
tentang cinta

ku ingin selalu
bersamamu
di sisimu

slamat malam
oh cintaku

Ada yang tau lirik lagu tersebut? Lagunya siapa cobaaa? Ada yang bisa nebak?
Yup, itu lagunya Tante Vina Panduwinata yang berjudul “Selamat Malam”.
Terus hubungannya ama gue? Oke, gue punya cerita khusus sama lagu yang satu ini. Begini ceritanya:
Pada suatu Minggu siang sekitar bada Dzuhur yang panas, gue, Mama, dan Adik nongkrong di Terminal Ancaran. Bukan nongkrong sebagai preman tapi ya. Gila aja seorang ibu, mahasiswa, dan adiknya yang masih TK jadi keluarga preman, hihihi. Terus ngapain nongkrongnya? Biasaa, gue udah habis jatah tinggal di Kuningan dan kudu balik ke Bandung untuk melaksanakan kewajiban, ceileee.... Dan seperti biasa, gue balik ke Bandung naik Bis Damri jam 13.00 dan karena gue agak rewel, pengen dapet tempat duduk dekat jendela, gue kudu uda stand by di Terminal Ancaran dari jam 12 lebih dikit aja. Soalnya emang Minggu siang tuh waktu padet-padetnya orang-orang kembali ke tempat perantauan. Biasanya, jam 12.30 nyampe terminal aja, tempat duduk yang deket jendela uda terisi semua, tinggal yang di samping mereka aja pada kosong. Gue agak perfeksionis orangnya, pokonya perjalanan itu harus dinikmati, caranya dengan duduk di pinggir jendela, biar bisa lihat pemandangan dan bisa nyender ke pinggir.
Tapi kok hari itu, waktu telah hampir menunjukkan pukul 13.00, Bis Damri yang dinanti-nati belum datang juga ya. Gue mulai jengkel, coba tadi berangkatnya ngga buru-buru -_- Gue dan Mama duduk bete, kadang ngobrol dikit. Adik gue yang masih TK itu main lari-larian sendiri. Kebetulan tempat duduk kami deket sama sebuah warung yang pemiliknya sedang menonton televisi. Kami pun dapat mendengarkan isi acara televisi tersebut, namun tidak dapat menontonnya karena televisi membelakangi kami. Terus kebetulan pemilik warung itu juga punya anak kecil yang kira-kira seumuran ama adik gue. Nah mama gue biasa, kalo nemu anak kecil suka bilang, “Tuh Dek, ada temen, main sana bareng,” ke adik gue. Akhirnya adik gue main puter-puterin tiang deket tempat duduk kami, dan deket juga sama si anak kecil pemilik warung yang sebenarnya lagi nonton tv juga. Lama-lama, gue juga jadi nyimak acara tv itu, kalo menurut gue sih dari percakapannya, itu acara hidayah-hidayah gitu, yang biasanya bercerita tentang orang yang berbuat dosa lalu setelah itu sadar dan bertaubat. Mama juga kayanya nyimak tuh acara, tapi mama punya pendapat lain sepertinya. “Teh, ini teh film Suzanna yang ada Si Bokirnya kan?” kata Mama. “Ah, masa sih? Bukannya film hidayah-hidayah gitu,” balas gue sotoy, padahal jelas-jelas gue jarang nonton tv, hehe. Lalu beberapa saat kemudian, gue mendengar alunan piano yang ga asing lagi melodinya beserta nyanyian seseorang yang ga asing juga buat gue. “Eh iya ya Mah, ini film Suzanna yang main piano tea jurignya,” sahut gue kemudian. “Iya, yang ada Si Bokirnya, yang jurignya jadi penyanyi dangdut,” kata Mama. Iya iya, gue inget. Gue inget banget. Padahal tadi sekilas gue denger ada penyanyi dangdut gitu, terus ada suara Bokir, sama penjual bakpao yang ditipu jurig tea, malah bilang film hidayah, hehe. Pas denger suara nyanyian diiringi piano aja inget. “Ini tu judulnya apa, ‘Malam Jumat Kliwon’ atau ‘Malam Satu Suro’?” tanya gue pada Mama. “Ga tau tah,” jawab Mama. Yup, gue paling inget dua judul tersebut, soalnya emang dua film itu tuh film Oma Suzanna yang paling romantis ceritanya. Yang satu tentang novelis yatim piatu yang pindah rumah dan ternyata rumah itu adalah rumah orang tuanya, yang satu lagi tentang seorang ibu yang berpisah dengan anak-anaknya. Tuuh, keren banget kan ceritanya, horror tapi romantis, hehehe. Nah kalo yang Oma Suzanna maen piano ini tuh yang berpisah sama anak-anaknya, soalnya tadi sekilas gue nyimak ada suara setan boneka yang pengisi suaranya Oma Suzanna sendiri. Ya ya, gue inget. Adegannya tuh Oma Suzanna sebagai sundel bolong bermain piano malem-malem sambil menyanyikan lagu “Selamat Malam”, romantis banget kaan? J Apanya yang romantis, yang ada malah horror! Hahahaha.
Aduh, nih nyanyian diiringi piano panjang banget. Mana gue sebenarnya males balik ke Bandung, asa bentar banget di rumah. Mama duduk di samping gue lagi. Terus adik gue yang masih TK itu, masih aja muter-muterin tiang sambil ketawa-ketawa sendiri. Gue ga sanggup liat muka ceria adik gue yang anteng sendiri dan mama lagi ngalem-ngalem adik. Atulaaahh L  ..... clak clak.... setetes dua tetes air mata meluncur dari mata gue. Huaaaa, cerita Suzanna yang sedih pisah sama anak-anaknya ini pas banget sih sama keadaan disini. Aduh gue bingung, momennya tepat banget, pas gue mau pergi, pas ketemu film ini dulu, jadi aja sedih L. Gue bingungnya ini gimana kalo mama yang di samping gue banget bisa tau kalo gue nangis dikit. Oh iya bilang aja gue kurang tidur ato kemasukan debu, toh disana kebetulan banyak banget debu, hehe. Tapi emang lah itu suasananya sedih to the max. Baru kali ini juga gue ngerasain yang kaya gini selama hampir 4 tahun bolak-balik Bandung – Kuningan.
Akhirnya, Bis Damri tiba pukul 13.30, Bis yang biasanya ontime banget ini kali ini telat. Gue yang ambisius, segera lari menuju pintu belakang, soalnya kalo lewat pintu depan udah rebutan, orang-orang aja mulai berlari ke arah pintu depan, gue mah ke yang lowong aja, yang penting dapet deket jendela. Dari balik jendela, gue melambaikan tangan ke arah mama dan adik yang setelah itu langsung berbalik dan pergi L.... Dan gue, karena pas Damri mulai jalan gue masih duduk sendiri di jok, gue mulai mengeluarkan air mata yang sempat tertahan tadi. Tadi juga mama kayanya ga tau sih kalo gue ngerasa sedih dikit, lebay banget ni anak palingan juga ntar katanya, hehe.
Semenjak saat itu, gue search tentang film Oma Suzanna beserta sountrack-nya yang ternyata lagu Tante Vina itu. Gue sering dengerin lagu itu di sepanjang malam ketika gue kangen mama. Gue jadi inget masa-masa kecil gue dimana gue sering nonton film jadul di rumah bersama mama. Film jadul itu emang banyak yang berkualitas dan romantis banget, bisa aja nguras air mata. Masa-masa waktu gue kecil itu emang indah banget. Kalo sekarang kapan ya bisa nonton film sedih bareng mama?      




Selamat malam Mama J

2 komentar: