ABSTRAK
PENERAPAN
PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP
OPERASI
HITUNG BILANGAN BULAT
(Penelitian
Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV A
SDN
2 Cibodas Kecamatan Lembang)
Hana Riana Permatasari
(0902956)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan respon siswa
mengenai pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan
pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat setelah pembelajaran Matematika
dengan Pendekatan Problem Solving. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
melalui tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kualitatif
dan kuantitatif. Hasil temuan yang muncul yaitu pelaksanaan pembelajaran selama
dilaksanakan penelitian secara umum berlangsung kondusif, respon siswa secara
umum menunjukkan respon positif, serta terdapat peningkatan kemampuan pemahaman
konsep operasi hitung bilangan bulat pada setiap siklus selama penelitian
berlangsung. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan
bulat tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai siswa setiap siklus. Nilai
rata-rata kelas pada Siklus I adalah 62,26, pada Siklus II adalah 71,45, dan
pada Siklus III adalah 81,13. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan guru dapat
menerapkan Pendekatan Problem Solving
dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar kemampuan pemahaman konsep
operasi hitung bilangan bulat dapat meningkat.
Kata
Kunci: Pendekatan Problem Solving,
Kemampuan Pemahaman Konsep, Operasi Hitung Bilangan Bulat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar